Ada beberapa alasan orang menjual rumah, seperti ingin pindah rumah atau sedang membutuhkan uang dari hasil penjualan rumah. Menjual rumah tidak seperti menjual barang lainnya, karena menjual rumah memerlukan waktu beberapa lama untuk mendapatkan pembeli yang tepat dan cocok dengan keadaan rumah kita yang akan dijual. Nah untuk segera menemukan pembeli yang cocok dengan rumah yang akan dijual, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan supaya rumah tersebut menarik untuk dibeli.Berikut tips menjual rumah supaya cepat laku terjual.


 
Mungkin beberapa dari Anda sangat membutuhkan uang dari penjualan rumah yang telah ditawarkan selama lebih kurang dua bulan lamanya. Jika ternyata peminat tak kunjung banyak, coba cek dulu kondisi rumah Anda!

Kesan rumah yang menarik bagi pembeli cukup memberikan pengaruh pada proses selanjutnya, yakni jual beli. Karena itu rumah harus tampil apik agar pembeli pun merasa yakin. Mengutip Dailymail, berikut ini lima langkah mempersiapkan rumah agar laku dijual.

Tampak luar
Tampilan luar rumah merupakan pekerjaan rumah pertama. Kesan menarik dari pembeli yang selintas melewati lokasi rumah, akan berujung pada kuatnya ingatan. Untuk mengetahui apakah tampilan luar rumah Anda menarik perhatian, cobalah keluar dan bandingkan dengan rumah-rumah tetangga. Jika Anda merasa kurang puas dengan tampilan rumah, mungkin ini menjadi pertimbangan mengapa tak juga pembeli berminat dengan rumah Anda.
Meski demikian, tak perlu berkecil hati karena Anda masih bisa melakukan perbaikan. Misalnya dengan merapikan taman di depan rumah, memperbaiki pagar, atau melakukan pengecatan. Jika pekerjaan ini tampak melelahkan, Anda bisa menyewakan tukang harian yang bisa mengerjakan pekerjaan ini secara maksimal.

Kepribadian
Beberapa pembeli yang tertarik dengan rumah Anda, akan menyambangi bagian dalam serta mengecek kondisinya. Manfaatkan situasi ini dengan menampilkan kepribadian Anda dan seluruh penghuni rumah. Tunjukkan bahwa Anda dan seluruh keluarga mengalami masa-masa penuh kebahagiaan di rumah tersebut. Ini bisa membuat pembeli tertarik untuk merasakan hal serupa. Caranya, pasanglah foto-foto Anda bersama keluarga dalam setiap momen membahagiakan.

Jangan menumpuk barang
Bila Anda masih menyimpan barang-barang tertentu dan meletakkannya tertumpuk di suatu sudut rumah, maka sebaiknya barang ini perlu dipertimbangkan kembali. Anda bisa melakukan tiga hal, apakah barang tersebut dibuang, diberikan untuk acara sosial, atau memilah beberapa barang saja lalu disimpan. Tujuannya untuk menunjukkan kepada pembeli bahwa rumah Anda teroganisir dengan baik.
Selain itu, Anda juga perlu memberi pandangan bahwa rumah Anda cukup ruang untuk meletakkan furnitur. Juga memiliki sirkulasi udara baik, akses lalu lintas dalam ruang yang baik pula.

Tetap bersih
Upayakan agar rumah selalu bersih secara menyeluruh. Pastikan setiap sudut rumah tidak meninggalkan kesan negatif bagi pembeli potensial. Usahakan pula menjaga atau menitipkan hewan kesayangan ketika pembeli menilik rumah Anda. Lakukan renovasi atau perbaikan kecil bila mendapati beberapa perlengkapan rusak, seperti gagang pintu, kunci, dan lainnya. Bila rumah tersebut dalam kondisi kosong maka sebaiknya tetap beri penerangan yang cukup.

Waktu
Beberapa pembeli yang menggunakan agen properti atau broker lebih menyenangi menelaah isi rumah dengan ditemani agennya ketimbang pemilik rumah. Sebagai pemilik, bila mendapati calon pembeli seperti ini maka sebaiknya mengalah dan biarkan agen properti bekerja.
Call Center : 0823-6568-6160 / 0877-9399-2390